FAKTOR TERKABULNYA DOA

http://wp.me/p1yQi2-ql

Sebagai orang yang beriman kepada Allah, kita kaum Muslimin wajib percaya kepada kekuasaan Allah dan segala perintah dan larangan-NYA, semua ketentuan Allah adalah adil dan penuh dengan hikmah.
Jika kita berada dalam kesulitan dan kesusahan, kita langsung bermunajat kepada Allah, kemudian Allah kabulkan doa kita, jika kita ditimpa musibah, kita berdoa, lalu Allah menghilangkan musibah tersebut.
Tapi terkadang doa kita tidak dikabulkan, padahal kita sudah berdoa siang dan malam, maka kita harus introspeksi diri sendiri, antara doa yang dikabulkan dengan yang tidak, mana yang lebih banyak?
Dan wajib kita pahami juga faktor apa yang menyebabkan doa kita tidak terkabul? Yuk kita bahas tentang beberapa penghalang terkabulnya doa seseorang :
  • Makan dan minum dari yang haram.
Dari Abu Hurairah  : Rasulullah bersabda : “Wahai manusia, sesungguhnya Allah  adalah Maha Baik, tidak menerima kecuali yang baik, dan sesungguhnya Allah telah memerintahkan kepada orang-orang Mukmin sebagaimana Allah memerintahkan kepada para Rasul.
Allah  berfirman : “Hai rasul-rasul, makanlah dari makanan yang baik-baik, dan kerjakanlah amal-amal shalih.” (QS. Al-Mu’minuun:51).
Allah  berfirman : “Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rizki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu.” (QS. Al-baqarah:172)
Kemudian Nabi  menceritakan seorang laki-laki yang melakukan perjalanan jauh, rambutnya kusut dan berdebu lalu menengadahkan kedua tangannya ke langit seraya berkata,”Ya Rabb..ya Rabb..” sedangkan makanannya haram, minumannya haram, dicukupi dari yang haram, maka bagaimana mungkin dikabulkan doanya?
Makanya, Kawans, yuk kita bersama-sama saling mengingatkan akan penghasilan kita, gaji dari hasil usaha dan pekerjaan kita, wajib dari yang baik dan bukan dari hasil menjual yang haram, agar semua doa kita dikabulkanNya.
  • Minta cepat terkabulnya doa yang pada akhirnya meninggalkan doa
Kalo seorang Muslim minta doanya segera dikabulkan, kemudian dengan hikmah dari Allah belum terkabul doa tersebut, maka ia harus bersabar, jangan berputus-asa dari rahmat Allah, teruslah berdoa, karena bila ia isti’jal (minta cepat dikabulkan), maka ia akan terhalang dari terkabulnya doa, karena tidak ada seorang pun yang bisa memaksa Allah, dan Allah berbuat menurut apa yang Dia kehendaki.
Rasulullah  bersabda :”Dikabulkan doa seseorang dari kalian selama ia tidak terburu-buru,
Rasulullah  bersabda :”Doa seseorang hamba akan senantiasa dikabulkan selama ia tidak berdoa untuk berbuat dosa atau memutuskan silaturahmi, selama ia tidak meminta dengan tergesa-gesa.”
Ada yang bertanya:”Ya Rasulullah, apa itu isti’jal (tergesa-gesa)?
Rasulullah  menjawab : “Jika seseorang berkata:”Aku sudah berdoa, memohon kepada Allah, tetapi Allah belum mengabulkan doaku.” Lalu ia bosan dan berputus asa dan akhirnya meninggalkan doanya tersebut.”
  • Melakukan maksiat dan apa yang diharamkan Allah.
Dosa dan maksiat mempunyai pengaruh yang jelek terhadap diri manusia, termasuk juga faktor penghalang terkabulnya doa.
  • Meninggalkan kewajiban yang telah Allah wajibkan
Mengerjakan ketaatan adalah faktor terkabulnya doa, demikian juga meninggalkan kewajiban adalah penghalang terkabulnya doa.
Dari Hudzaifah  :”Nabi bersabda :”Demi Allah yang jiwaku berada di tangan-NYA, hendaklah kalian menyuruh yang ma’ruf dan mencegah kemunkaran atau (kalau kalian tidak lakukan, maka pasti) Allah akan menurunkan siksa kepada kalian, hingga jika kalian berdoa kepada-NYA, tapi tidak dikabulkan.”
Mari kita saling terus mengingatkan akan pentingnya memusatkan segala kehidupan duniawi kita untuk kenikmatan akhirat nanti. Kejar dan lakukan segala perintah-NYA dan tinggalkan segala larangan-NYA, kejar dunia lewat jalan yang halal agar seluruh doa kita dikabulkan-NYA.

Tetap semangat, Kawans!

Comments

Popular Posts