Superhero HH

Superhero HH

Ada satu kawan yang sharing tentang pengalaman hyperhidrosisnya. Sebut aja namanya AB. Orangnya cuek. Bahkan saya yang termasuk satu dari sejuta penderita yang menantang penyakit ini dengan tidak meneruskan terapi dan menunjukkan HH kepada hampir semua orang yang saya temui, pun kalah cuek dengan AB.
Begini pengalamannya :
AB sadar mengidap HH sejak SD. Lalu seperti kebanyakan penderita HH lainnya, AB pun menutup diri setelah mengetahui bahwa " hanya dirinya " yang mengidap penyakit ini. Ketika duduk di bangku kelas dua SMA, ada satu tugas sekolah yang Ab putuskan untuk menjadikan HH sebagai objek tugas sekolahnya.
Didepan kelas AB berdiri dan bilang, " Saya penderita keringat berlebih. Ini adalah kondisi bawaan lahir dan menurun dari ayah saya."
( Buat saya pribadi, AB adalah seorang Superhero HH, ya dia pantas memakai baju seperti superman dengan logo HH didadanya hehehe, tapi beneran menurut saya si AB ini hebat banget!!! tuh kan saking hebatnya pentungannya tiga )
Lalu AB berjalan berkeliling kelas dengan menunjukkan kedua tangannya yang mengucurkan keringat. Ada yang bengong, ada yang bertanya dan lain sebagainya. Tapi inti dari kisah nyata diatas adalah bahwa dengan keterbukaan hidup penderita HH akan lebih mudah dan ringan.
Biarkan keringat mengucur, di seluruh titik tubuh kita. Nggak usah malu bahkan ribet-ribet ngumpetin. Tapi kejar terus penyembuhan dan jangan menyerah. Apakah AB telah sembuh ? Belum, tapi dia dan saya adalah duta HH dan kami pun terus mengedukasi penderita dan bukan penderita.
HH ? Siapa takut :)

Comments

Popular Posts