Rehidrasi vs Dehidrasi


Air. Tubuh manusia sebagian besarnya terdiri dari air dan membutuhkan pasokan air yang memadai untuk aktifitas seluruh organ tubuh berjalan dengan baik. Kekurangan 2% saja bisa menyebabkan tubuh protes dengan berbagai gejala.

Buat kita para penderita kondisi medis hyperhidrosis alias keringat berlebih, maka kebutuhan tubuh akan air wajib terpenuhi. Berapakah kebutuhan harian kita?

Ilustrasi gampangnya gini :

Aktifitas HH  vs non-HH
Ringan 3 liter/hari  vs 2 liter/ hari
Sedang 3,5 – 4 lt / hari vs 2,5 – 3 lt / hari
Berat 4,5 – 5 lt / hari vs 3,5 – 4 lt / hari

Sesuaikan dengan jenis aktifitas harian kita, dan usahakan kecukupan air harian. Cara minum / konsumsi air yang baik dan benar gimana sih ?

Ada caranya agar tubuh menyerap dengan baik konsumsi air, misalkan kita penderita HH dengan aktifitas harian sedang. Berarti kita membutuhkan air sekitar 4 liter setiap hari.

Satu hari = 24 jam – tidur malam 8 jam = 16 jam terjaga (beraktifitas)

Nah selama 16 jam itu kita pasok 4 liter air. Artinya tiap 4 jam kita wajib minum sebanyak 1 liter.

Berarti kita minum setengah liter air selama 2 jam. Dan tiap jamnya minum 250ml. Biar gampang beli gelas yang kurang lebih 250-300ml. Isi air. Perhatikan waktu dan disiplinkan minum sedikit demi sedikit sampai habis dalam tempo satu jam. Terus ulangi hingga aktifitas hari itu habis, kebutuhan akan air tercukupi dan tubuh mendapatkan pasokan air secara benar.

Pernah dengar kan banyak minum sering kencing? Itu berarti cara minum anda belum benar. Ya iyalah, mayoritas kita ngegampangin cara minum. Biasanya kita secara sadar mindahin isi gelas ukuran kecil / sedang / besar sekali minum ke dalam kandung kemih. Ya, otomatis kandung kemih bekerja terlalu berat dan efeknya : kencing terus!

Yuk kita perhatikan dan sayangi tubuh kita dengan mencukupkan kebutuhan air harian.

Tetap semangat kawans!

Comments

Popular Posts